News

Ditlantas Polda Kepri Rakor Persiapan Pengamanan Lebaran 2023

FAKTAAKTUAL.COM, BATAM – Ditlantas Polda Kepri gelar Rapat Koordinasi (Rakor) dengan tema “Kesiapan Ditlantas Polda Kepulauan Riau Dalam Rangka Pengamanan Hari Raya Lebaran Tahun 2023.” Bertempat di Hotel Pacific Batam. Selasa (21/3/2023).

Hadir dalam kegiatan tersebut Irwasda Polda Kepri, Dirlantas Polda kepri, Pejabat Utama Polda Kepri, Kepala PT. Jasa Raharja Provinsi Kepri, Kepala BAPPEDA Provinsi Kepri, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepri Diwakili Oleh Hubdar, Kepala Dinas PUPR Provinsi Kepri yang diwakili oleh Kasi Pembangunan Jalan Dan Jembatan, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri yang diwakili oleh Kasi Pelayanan Kesehatan Primer, Para Pejabat Utama Ditlantas Polda Kepri, Para Kasat Lantas serta Kanit Satlantas jajaran Polda Kepri beserta para Brigadir dan ASN Ditlantas Polda Kepri.

Adapun sambutan Kapolda Kepri yang diwakilkan oleh Irwasda Polda Kepri Kombes Pol. Romin Thaib, SIK., M.Si., Sekaligus membuka kegiatan Rapat Koordinasi Teknis Fungsi Lalu Lintas adalah “Rakornis ini dilaksanakan agar kami mendapat masukan bagaimana kita dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat di bidang lalu lintas.”

Dalam tugas Polisi lalu lintas sesuai amanah, bahwa ada empat hal yang utama, yaitu kita diharapkan untuk dapat mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan dan kelancaran serta ketertiban berlalu lintas (kamseltibcarlantas), Mampu meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, Dapat membangun budaya tertib berlalu lintas dan Meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.
Para peserta Rakornis yang saya hormati, dalam rangka meminimalisir faktor utama penyebab buruknya kondisi keselamatan berlalu lintas, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mendeklarasikan program _Decade Of Action For Road Safety_ 2011-2035 (DOA), Deklarasi aksi keselamatan jalan yang bertujuan untuk mengurangi jumlah korban meninggal dunia. Kedepan kita akan menghadapi perayaan Hari Raya Lebaran Idul Fitri 1444 H / 2023 M, Untuk itu mulai dari sekarang kita harus mempersiapkan diri dan harus saling koordinasi agar pelaksanaan perayaan lebaran tahun ini dapat berjalan dengan lancar, aman dan kondusif.

Kapolda Kepri menekankan kepada seluruh peserta rapat agar selama pelaksanaan kegiatan dapat memahami dan berkoordinasi antar pemangku kepentingan agar tidak terjadi kesalahan dan berpesan kepada Personil yang bertugas dalam rangka Pengamanan Hari Raya Lebaran Tahun 2023 untuk mengutamakan faktor keamanan dan keselamatan dengan mempedomani standar operasional prosedur yang ada, hindari tindakan berlebihan dan cepat dalam menangani kecelakaan lalu lintas.

Kemudian dalam sambutanya, Dirlantas Polda kepri Kombes Pol. Tri Yulianto, S.I.K., M.Si., mengatakan adapun tujuan pelaksanaan Rakor pada hari ini adalah untuk menyamakan persepsi dan pola tindak pada saat nanti pelaksanaan pengamanan Hari Raya Lebaran tahun 2023 sekaligus sarana untuk memberikan informasi yang dipandang perlu untuk dipersiapkan selama pelaksanaan pengamanan tersebut.

“Tentunya harapan kita bersama pelaksanaan pengamanan Hari Raya Lebaran tahun ini bisa lebih baik lagi di bidang perencanaan agar terwujudnya keamanan, keselamatan dan kelancaran serta ketertiban berlalu lintas (kamseltibcarlantas).” Tutup Dirlantas Polda kepri Kombes Pol. Tri Yulianto, S.I.K., M.Si.(hot).

Related Articles

Back to top button