Nasional

Presiden RI, Sambut Perdana Menteri India Narendra Modi

FAKTAAKTUAL.COM, JAKARTA – Setelah Presiden Jokowidodo menjadi Presiden Indonesia, hampir semua negara tetangga se Asia mengunjungi Indonesia dengan bahagia. Ya,, rata-rata mengatakan Presiden Indonesia merupakan sosok yang sangat ramah dan baik. Semoga..

Ini unggahan Presiden dalam akun facebooknya, Rabu 30/5/2018,

“Saya menyambut hangat kunjungan pemimpin negara sahabat. Perdana Menteri India Narendra Modi, di Istana Merdeka, pagi ini. Sebuah kunjungan kenegaraan di saat dunia tengah dilanda ketidakpastian global.

Kedatangan PM Narendra Modi benar-benar di saat yang tepat, memberikan energi baru bagi hubungan bilateral kedua negara yang akan berusia 70 tahun, tahun depan. Kita pun menyambut PM Narendra Modi dengan hamparan karpet merah, iringan marching band dan dentuman meriam. Kami menggelar pertemuan bilateral, obrolan di beranda istana serta menyampaikan pernyataan pers bersama.

India adalah mitra strategis utama Indonesia di bidang ekonomi. India menjadi mitra dagang ekspor terbesar Indonesia di Asia Selatan dan Tengah dengan nilai hampir 15 miliar dollar AS. Wisatawan India juga meningkat tajam, hampir 500.000 orang di tahun 2017. Peningkatan kunjungan itu dapat dilihat dari penerbangan Indonesia – India yang dalam kurun dua tahun ini dari tidak ada menjadi 28 kali penerbangan setiap minggu. Bahkan mulai April lalu, ada penerbangan langsung Garuda Indonesia dari Bali ke Mumbai.

Di luar bidang ekonomi, India juga mitra strategis Indonesia di bidang politik dan bidang keamanan. Dan salah satu perwujudannya adalah kemitraan di bidang maritim. Indonesia dan India aktif bekerja sama dalam forum Indian Ocean Rim Association (IORA), serta komunikasi yang intensif terus dilakukan dalam memajukan kerjasama di Indo Pasifik. Kedua negara sepakat memajukan kerjasama infrastruktur dan konektivitas, termasuk pembangunan di Pulau Sabang dan Pulau Andaman.

Nilai strategis hubungan India dan Indonesia, juga ditunjukkan dengan adanya pembaharuan kerja sama pertahanan, dan produksi bersama sejumlah industri strategis termasuk pembuatan water cannon antara PT Pindad dan Tata Motors. (Foto: Biro Pers Setpres)

Redaksi.

Related Articles

Back to top button