Nasional

Prsiden Resmikan Jalan Tol 7,8 KM Wilayah Sumatera Palembang.

Presiden RI dalam Peresmian Jalan Tol Palembang
Presiden RI dalam Peresmian Jalan Tol Palembang

FAKTAAKTUAL.COM, PALEMBANG – Sumatera Selatan akhirnya memiliki jalan bebas hambatan! pelaksanaan asean game 2018, diharap lancar dan Indonesia jadi pemenang utama.

Ini kutipan pernyataan Bapak Presiden Jokowi dalam peresmian Jalan tol diPalembang 13/10/2017.

“Saya meresmikan Jalan Tol Palembang-Indralaya (Palindra) Seksi I ruas Palembang–Pamulutan, kemarin. Ruas tol sepanjang 7,8 kilometer ini adalah Tol Trans Sumatera pertama yang diresmikan.

Pembangunan Jalan Tol Palindra menghadapi begitu banyak tantangan. Selain soal pembebasan lahan, lahannya didominasi daerah rawa bergambut. Harus menguruk tanah sedalam tujuh meter, dan dibutuhkan teknik konstruksi khusus yang disebut Vacuum Consolidation Method untuk mengurangi kadar air dan kadar udara dalam tanahnya. Dibanding tol yg lain, pembangunan Palindra ini membutuhkan biaya yang hampir 1,5 kali lipat lebih besar.

Sebegitu besar tantangannya sampai-sampai saya sendiri datang meninjau tol ini sampai empat kali! Saya datang untuk memberikan dukungan dan motivasi kepada para pekerja, dan semua pihak yang terkait dengan pembangunannya. Dan tentu saja untuk mempercepat penyelesaiannya.

Alhamdulillah, seksi I sudah selesai. Pada awal operasi ini sampai akhir tahun 2017, Jalan Tol Palindra ruas Palembang–Pamulutan masih tanpa dipungut biaya.

Jalan Tol Palindra meningkatkan konektivitas guna memperlancar distribusi dan menurunkan biaya logistik barang dan jasa. Selain itu, jalan tol ini akan mendukung pelaksanaan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang”. (gp).

Editor : Gamal.P.

Related Articles

Back to top button