Nasional

Menteri LHK, Bumikan IPTEK Dan Inovasi Bidang Lingkungan

FAKTAAKTUAL.COM, JAKARTA – Eksekutif (pemerintah) sebagai cabang kekuasaan negara harus memiliki kekuatan respon yang ditopang oleh kebenaran, melalui aktualisasi profesi berbasis pendekatan ilmu pengetahuan (Scientifik Approach).

Ini menjadi sangat penting karena sekarang sudah tidak bisa lagi hanya berasumsi, melainkan harus mengimplementasikan kebijakan guna menyelesaikan persoalan sosial masyarakat.

Di situasi yang serba banyak berubah, banyak stakeholders, dan berbagai tantangan, maka aspek scientifik approach posisinya sangat penting, karena pendekatan ini juga lebih diterima masyarakat.

Menteri LHK, menyampaikan pada diskusi nasional secara daring yang mengangkat tema ”Membumikan IPTEK dan Inovasi bidang lingkungan dan kehutanan dalam menghadapi dinamika dan tantangan global”, yang dihadiri oleh lebih dari 1.000 peserta dari seluruh Indonesia, pada hari Kamis 27/8/2020 dijakarta.

Pemberdayaan Iptek sebagai scientific based dalam memformulasikan kebijakan termasuk iptek dalam mengelola sumber daya alam, merupakan wujud nyata dari program utama pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wapres M’ruf Amin “SDM (Sumber Daya Manusia) Unggul, Indonesia Maju”.

Menjadikan negara berbasis Iptek dan inovasi bukanlah hal yang mudah, apalagi sekarang dalam masa pasca-revolusi industri 4.0, ditambah tantangan pandemi Covid-19.

Karena itu saya akan terus memberikan dukungan, sepenuhnya. Jangan ragukan itu.

Empat invensi dan inovasi yang akan dipaparkan pada diskusi nasional hari ini, yaitu: Alat Identifikasi Kayu Otomatis (AIKO-KLHK), Pembangkit Listrik Tenaga Air Mikrohidro, Pengembangan Benih Unggul Kayu Putih, dan Indonesian National Accounting Carbon System (INCAS).

Ini adalah representasi dari hasil penelitian dan pengembangan BLI di bidang lingkungan hidup dan kehutanan.

Saya sampaikan penghargaan dan terima kasih yang tulus kepada para inovator yang karya-karya inovatifnya telah dapat secara nyata berperan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, menjawab tantangan dunia internasional, meningkatkan harga diri bangsa, menjaga keanekaragaman hayati, serta berperan dalam penegakan hukum.

Semoga Allah SWT meridhoi langkah kita untuk terus berupaya melakukan hal-hal bermanfaat dan semoga kita dapat berakselerasi mengejar ketertinggalan untuk mewujudkan SDM yang kompeten dan profesional dalam rangka mewujudkan Indonesia Maju.

Sumber: Menteri LHK.

Redaksi.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker