News

Saat Ini, BPN Batam Menjadi “Abdi Masyarakat Kavling”

FAKTAAKTUAL.COM, BATAM – Sejak November tahun lalu hingga sekarang, BPN hadir ditengah-tengah masyarakat penghuni Kavling pada Khususnya.

Hal ini dilakukan oleh BPN Batam untuk mempersiapkan Berkas serta pengukuran lahan disetiap lokasi Kavling yang ada dikota Batam, serta memberikan Sertifikat lahan secara Gratis terhadap Masyarakat guna peningkatan taraf perekonomian secara menyeluruh.

Kepala BPN Batam menerangkan kepada Faktaaktual.com, Supaya masyarakat yang tinggal dikavling tidak perlu khawatir terkait sertifikat tanah yang sedang dikemas pegawai BPN saat ini, karena semua masyarakat yang memenuhi syarat akan mendapatkan sertifikat Gratis.

“Memang BPN ada target dilapangan, misalnya dilokasi satu RW mungkin sampai tiga hari, akan tetapi masyarakat yang tidak berkesempatan mengurus pemberkasannya dalam tiga hari tersebut, bisa menyusul. Yang penting masyarakat tersebut bisa memberi pengertian terhadap pegawai dilapangan yang sudah bersusah payah memberi tenaga dan pikiran dalam pelayanan”, Katanya. Rabu 7/2/2018 dikantornya.

Hal serupa diungkapkan Uganda Manurung, sebagai Ka. Subag Tata usaha serta Ketua Tim Lapangan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), meminta kepada masyarakat yang sedang dilayani bisa berkoordinasi dan berinergi dengan baik kepada petugas BPN yang sedang melayani disetiap lokasi.

Photo, Uganda Manurung saat ditemui dilokasi pemberkasan Kavling RW 21 Kabil Punggur.
Photo, Uganda Manurung sebagai Ka. Subag Tata usaha serta Ketua Tim Lapangan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) saat ditemui dilokasi pemberkasan Kavling RW 21 Kabil Punggur. Sekitar Pukul 19.00 wib.

“Pelayanan eksta kerja yang kami lakukan saat ini bukan berarti hal yang sia-sia, pada dasarnya BPN melayani dengan sungguh-sungguh demi masyarakat kavling untuk mendapatkan sertifikat Gratis, dengan demikian kami meminta pengertian dari warga, supaya memberikan kelengkapan administrasinya secara utuh sehingga Program Sertifikat tanah kavling ini terlaksana dengan sempuna”. Tegasnya.

Memang masyarakat perlu meng-apresiasi apa yang dilakukan oleh BPN saat ini, Dimana pegawai BPN turun lapangan untuk mendekatkan diri kepada masyarakat dalam bentuk pelayanan maksimal.

Saat ini pegawai BPN berada dilokasi Kavling Kabil Punggur untuk melayani kurang lebih 10.000 warga. Demi pelayanan maksimal , Pegawai  BPN berbagi tugas menjadi 8 Bagian. yaitu 4 titik menjadi Pengumpul Data Yuridis (Puldadis) atau Data administrasi Kavling dan 4 titik lagi sebagai Pengumpulan Data Fisik (Puldasik) seperti pengukuran fisik lahan Kavling yang bakal disertifikatkan.

Warga RW 21, Bapak Theresia Nainggolan mengatakan, “Sinergi antara masyarakat dengan petugas BPN dilapangan sangat diharapkan, sehingga tidak menimbulkan konfik interest yang menjadi penghambat terkait sertifikat gratis ini, karena sertifikat yang diberikan oleh BPN, sangat berarti buat warga”. jelasnya. (gp).

Editor : Gamal. P.

Related Articles

Back to top button