Dunia

Menteri Keuangan RI Terus Berjuang Stabilkan Ekonomi Indonesia

FAKTAAKTUAL.COM, LONDON – Sepak terjang Wanita Indonesia bernama Sri Mulyani Indrawati sebagai Menteri Keuangan yang dipercaya Presiden dalam Kabinetnya, terus berupaya membahas dan mempertahankan ekonomi Indonesia tetap stabil.

Tidak tanggung-tanggung, dengan segala keunggulan pribadinya dalam mengelola keuangan Sri Mulyani menjadi tokoh Perekonomian yang diakui Dunia, sehingga ketika membahas Ekonomi Dunia, Sri Mulyani menjadi Tokoh penting yang patut dimintai keterangannya.

Seperti yang diunggah dalam akun facebooknya, Ibu Ekonomi Indonesia ini menceritakan kunjungannya selama di London, serta kegiatan yang dilakukan dalam rangka membahas gejolak ekonomi dunia,

Sri Mulyani Bersama Pakar Ekonomi
Sri Mulyani Bersama Pakar Ekonomi Phillip Hammond MP

Ini dia, simak terus. “Kemarin tanggal 19 Juni 2018 saya melakukan beberapa aktivitas kedinasan di London – United Kingdom.

Pertama, wawancara dengan Bloomberg Live TV di kantor pusat Bloomberg Eropa. Pertanyaan berfokus pada perkembangan “perang dagang” antara Amerika Serikat dan RRT dan pengaruhnya terhadap perekonomian dunia, Asia, ASEAN dan Indonesia. Juga mengenai gejolak di negara-negara emerging akibat normalisasi kebijakan moneter di Amerika Serikat dan Eropa.

Selanjutnya saya menghadiri Bloomberg Executive Roundtable dengan Senior Emerging Investors, untuk memberikan update perkembangan ekonomi Indonesia dan kebijakan ekonomi pemerintah bersama Deputy senior Bank Indonesia dalam menghadapi perubahan ekonomi dunia yang sangat dinamis, yaitu kenaikan suku bunga di Amerika Serikat, kebijakan moneter di Eropa, keluarnya arus modal dari negara-negara emerging, penguatan mata uang Dollar Amerika, perang dagang antara Amerika Serikat dan RRT dan pengaruhnya terhadap perekonomian dunia dan perekonomian Indonesia.

Buku tentang Harapan
Buku tentang Harapan (Climate of Hope)

Saya juga bertemu dengan Michael Bloomberg yang pada kesempatan tersebut memberikan buku terbarunya berjudul “Climate of Hope” yang menyangkut perubahan iklim.

Selanjutnya saya bertemu dengan Fixed Income Investors untuk memberikan update kebijakan fiskal dan moneter dan perekonomian Indonesia, serta mendapatkan masukan dan informasi mengenai perkembangan negara-negara emerging seperti Argentina, Brazil, Turkey yang sedang menghadapi gejolak.

Saya juga mengadakan pertemuan bilateral dengan Menteri Keuangan Inggris HE Chancellor the Exchequer, The Rt. Hon. Phillip Hammond MP- mengenai hubungan bilateral Inggris -Indonesia terutama menyangkut kerjasama Invetasi, keuangan dan pembiayaan infrastruktur.

Pertemuan para pakar Ekonomi Dunia di London
Pertemuan para pakar Ekonomi Dunia di London

Kami juga membahas perkembangan situasi terkini di Eropa, Amerika Serikat, RRT , update mengenai pertemuan G7 dan perkembangan G20 terutama terkait kondisi perekonomian negara-negara G20. Saya juga mendapat kesempatan untuk mendengar penjelasan mengenai proses politik BREXIT dan implikasinya bagi perekonomian Inggris dan Eropa dan pembelajaran bagi perekonomian ASEAN.

Terakhir saya menghadiri makan malam yang diselenggarakan oleh London Stock Exchange dan YIPA yang dihadiri Menteri Keuangan Inggris HE Chancellor the Exchequer, The Rt. Hon. Phillip Hammond MP untuk membahas perkembangan pasar keuangan, pasar modal dan pembiayaan infrastruktur. (fb Sri Mulyani).

Redaksi.

Related Articles

Back to top button