News

Ngamuk Lagi, Sinabung Meletus Terdahsyat Abad Ini

FAKTAAKTUAL.COM, SUMUT – Ada apa dengan Sinabung? sampai saat ini sudah lebih tiga tahun Gunung Sinabung tidak henti-henti erupsi. Bagaimana tanggapan BMKG dan Dinas terkait menyikapi hal ini?

Gunung Sinabung di Kabupaten Karo meletus lagi, Senin (19/2/2018) sekira pukul 09.00 WIB. Dalam video amatir yang beredar di Youtube, tampak erupsi sangat tinggi. Menurut sejumlah warga, ini adalah erupsi paling besar selama ini.

Seperti dalam video amatir yang diunggah oleh Can Channel, dikatakan saat merekam video erupsi tersebut, mereka berada di Kantor BNN Jalan Pahlawan, Kabanjahe, Kabupaten Karo.

Sejumlah warga yang suaranya terdengar dalam video tersebut mengaku bahwa letusan Sinabung tak pernah terjadi seperti ini.

“Tak pernah seperti ini. Selama Sinabung meletus,” ujar warga yang merupakan ibu-ibu yang terekam dalam video amatir tersebut..

Mereka memperkirakan, tinggi erupsi diperkirakan mencapai 8 km. mereka juga mengaku sampai merinding melihat tingginya erupsi dan mengaku semasa hidup, tak pernah terjadi letusan sedahsyat ini.

Keterangan resmi yang dikeluarkan KESDM, Badan Geologi, PVMBG. Pos Pengamatan Gunung api Sinabung disebutkan bahwa letusan terjadi pada Senin (19/2/2018) pukul 08.54 WIB dan awan panas letusan Gunung Api Sinabung dengan tinggi kolom 5.000 m, amp 120 mm dan lama gempa 607 detik.

Jarak luncur sektoral Selatan-Tenggara 4.900 meter dan sektoral Tenggara-Timur 3.500 meter, angin lemah ke Barat-Selatan. (sumber : Bentengtimes.com)

Redaksi.

Related Articles

Back to top button