News

Robert, Kerusakan Bukan Area Run Way Tetapi Lokasi Taxiway

Jpeg

FAKTAAKTUAL.COM, BATAM – Dugaan Amblas dan rusaknya Runway Bandara Internasional Hang Nadim Batam, sempat jadi viral berita diberbagai media online maupun media cetak dibatam akhir-akhir ini.

Masyarakat kota Batam mempertanyakan soal amblasnya landasan pacu pesawat dibandara Internasional Batam ini mengapa terjadi, sampai-sampai ada penumpang pesawat menunda kedatangannya kebatam akibat berita yang tersiar terkait rusaknya landasan pacu dibandara Hang Nadim.

Memang sangat meng-kuwatirkan jika ini sempat terjadi, jelas sangat mengganggu take off dan leanding setiap pesawat, Bisa diperkirakan setiap penumpang pesawat merasa tidak nyaman dan seperti mempertaruhkan nyawanya ketika take off dibandara Batam.

Ditempat terpisah lantai 6 kantor BP Batam, Deputi IV BP Batam, Ir. Purba Robert Sianipar ditemui Selasa 26/9 mengatakan, bahwa kerusakan atau pergerakan tanah akibat debit air bukan diarea Runway melainkan diarea Taxiway.

“lonsor atau amblasnya tanah dilapisan bawah aspal bangunan bahagian fisik Bandara tersebut, bukan pada area Runway melainkan diarea taxiway sehingga tidak mengganggu take off atau leanding suatu pesawat, sehingga tidak ada perlu dikhawatirkan”. Tegasnya kepada media ini.

Masih kata Robert, “saat ini perbaikan dan pembangunan area yang amblas sedang tahap lelang, waktu dekat ini akan segera digesa pekerjaannya, sehingga masyarakat kota batam tidak perlu khawatir soal itu. Hal ini mungkin-mungkin saja terjadi mengingat pengerjaan bangunan diarea taxiway sudah sekitar 20 tahun yang lalu, sehingga wajar jika hal ini terjadi, untuk itulah BP Batam akan mengawasi kinerja kontraktor yang bakal mengerjakan proyek tersebut, sehingga tidak terjadi lagi seperti ini”. Tegasnya.

Robert juga mengakui, amblasnya taxiway dilokasi Bandara ini merupakan kejadian alam, bukan pada human error atau pihak perusahaan yang mengerjakannya. Kejadian ini mungkin terjadi akibat debit air yang berlebihan sehingga merembes kedalam  tanah bawah aspal membuat fundasi tanah dasar aspal menjadi labil.

Kajian ini masih mentah atau kata “mungkin”, Untuk memuaskan publik, BP Batam harus menuntaskan masalah ini secara ilmiah dan logika apa penyebab timbulnya kerusakan atau amblasnya taxiway tersebut.

Sejauh ini, pimpinan Bandara Internasional Hang Nadim belum dapat ditemui,  bagaimana penanganan dan solusi sementara perbaikan taxiway tersebut, sebelum pemenang tender bekerja dengan optimal.(GP).

Editor  ;Gamal. P.

Related Articles

Back to top button