News

Soal Spanduk Akan Dilaporkan, Marwah Suku Batak Tergadaikan?

FAKTAAKTUAL.COM BATAM – Merasa kehilangan Marwah, suku Batak se-Kota Batam melakukan rapat cepat terkait adanya baliho yang mengatasnamakan aliansi suku Batak  mendukung Rudi dan Marlin dalam pilkada Kepri dan Batam di tahun ini.

Memang menyakitkan, ketika salah satu suku di “gadaikan” sekelompok oknum tertentu didalam suku tersebut, hanya demi kepentingan pribadi dan sekelompok kecil dalam suku itu sendiri. Sehingga Pahala dan Marwah serta “roh” satu kelompok suku tersebut terasa terbang dari tubuh setiap individu suku itu sendiri.

Baliho besar yang berdiri dipersimpangan jalan dikota Batam, jelas menjadi bumerang kepada suku itu sendiri ketika dibiarkan dan dibiasakan tanpa musyawarah.

Dalam sejarahnya, suku Batak selalu mengedepankan musyawarah secara umum untuk mengambil kesimpulan ketika melakukan sesuatu hal penting, baik dalam adat Batak itu sendiri apalagi berurusan diluar konteks orang Batak.

Akhirnya, sesepuh suku Batak pun melakukan rapat cepat terkait baliho yang dianggap tanpa musyawarah tersebut. Dalam rapat, hadir tokoh-tokoh adat maupun tokoh-tokoh nasional suku Batak yaitu dari Batak Toba, Batak Karo, Simalungun, Pakpak maupun Batak Mandailing pada hari Kamis 3/9/2020, serta merta mengambil kesimpulan untuk melaporkan masalah tersebut ke pihak yang berwajib.

Jurado Siburian sebagai tokoh muda Batak menyebut, mereka (suku Batak) akan mendatangi Kapolresta Barerang pada hari Jumat 4/9/2020 besok, guna melaporkan adanya baliho yang mengatasnamakan aliansi Batak marsada yang menyatakan dukungan kepada Rudi sebagai Wali Kota Batam, maupun Marlin (istri Rudi) sebagai Wakil Gubernur Kepri.

“Setelah kami Laporkan, kami Beri waktu 1 X 24 jam kepada oknum tersebut untuk menurunkan baliho nya, jika tidak diturunkan, kami akan menurunkan paksa baliho tersebut, kemudian kepada si-oknum, kami akan memberi sanksi tergantung keputusan rapat berikutnya”. Jelas Jurado kepada faktaaktual.com.

Sama halnya diucapkan S. Siregar, salah seorang tokoh Batak yang sudah dikenal Banyak kalangan dikota Batam, menyebut, supaya oknum tersebut bisa mempertanggungjawabkan perbuatannya secara terbuka didepan sesepuh atau tokoh masyarakat suku Batak.

“Oknum tersebut, jangan bersembunyi dibawah penguasa, hal ini saya katakan karena jelas dia berafiliasi kepada Rudi sebagai Wali Kota Batam saat ini dengan Fakta spanduk atau baliho yang dibuatnya, suku Batak itu, Banyak marga dan banyak daerahnya serta beragam tradisinya, kapan oknum tersebut melakukan musyawarah bersama dan dimana serta hasil notulen rapat tersebut apa? ini yang wajib dipertanggungjawabkan oknum tersebut didepan masyarakat suku Batak se-batam, dan mungkin didepan hukum”. Ucap Siregar Kamis siang.

Redaksi.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker