News

Suana Upacara Penutupan Diktuk Bintara Polri Gelombang I SPN Polda Kepri

FAKTAAKTUAL.COM, KARIMUN – Irwasda Polda Kepri Kombes Pol. Romin Thaib, S.I.K., M.Si., Pimpin Upacara Penutupan Pendidikan Pembentukan (Diktuk) Bintara Polri Gelombang I T.A. 2023, dan turut juga dihadiri oleh Pejabat Utama Polda Kepri, Waka SPN Polda Kepri, Bupati Karimun, Wakapolres Karimun, Kapolsek Kundur, serta Ibu Bhayangkari Daerah Kepri yang bertempat di Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Kepri di Tanjung Batu Kundur. Kamis (06/07/2023).

Dalam sambutannya tersebut, Irwasda Polda Kepri Kombes Pol. Romin Thaib, S.I.K., M.Si., selaku Inspektur upacara menyampaikan pentingnya upacara penutupan Pendidikan Pembentukan (Diktuk) Bintara Polri Gelombang I T.A. 2023 saat ini adalah sebagai tonggak akhir dalam proses pendidikan pembentukan bintara dan tamtama Polri. Tercatat sebanyak 9.098 personel baru telah berhasil ditambahkan dalam kekuatan Polri, yang terdiri dari 8.458 polisi laki-laki dan 640 polisi wanita. Para lulusan ini terbagi menjadi beberapa kelompok, yakni 6.901 Bintara Polisi Tugas Umum, 499 Bintara Brimob, 100 Bintara Polair, 1.499 Tamtama Brimob, dan 99 Tamtama Polair.
“Kemudian saya ingin mengucapkan selamat kepada orang tua atas keberhasilan putra dan putri nya menjadi Bintara dan Tamtama remaja yang baru saja dilantik pada hari ini secara resmi menjadi anggota polri dengan menyandang pangkat Brigadir Polisi Dua dan Bhayangkara Dua. Pelantikan pada hari ini juga bukanlah akhir dari perjuangan tetapi awal pengabdian nyata yang telah melekat identitas dan kehormatan sebagai insan bhayangkara”. Ucap Irwasda Polda Kepri Kombes Pol. Romin Thaib, S.I.K., M.Si.

Dalam kegiatan tersebut juga Irwasda Polda Kepri Kombes Pol. Romin Thaib, S.I.K., M.Si., menyampaikan 6 pedoman yang harus dipedomani dalam pelaksanaan tugas kepolisian, yaitu :
1. Tingkatkan selalu iman dan ketaqwaan kepada Tuhan yang Maha Esa sebagai pedoman dalam kehidupan dan pelaksanaan tugas
2. Pegang teguh dan amalkan nilai-nilai tribrata dan catur prasetya dalam setiap langkah pengabdian
3. Pahami dengan baik dan laksanakan tugas yang diemban dengan sungguh-sungguh, penuh keikhlasan dan tanggung jawab
4. Terus bekali kemampuan saudara dengan belajar, belajar dan belajar
5. Senantiasa menjaga nama baik, kehormatan diri, keluarga, dan institusi serta hindari segala bentuk pelanggaran disiplin, kode etik, maupun pelanggaran pidana
6. Senantiasa bangun komunikasi dengan masyarakat, serta perkuat sinergi dan solidaritas dengan rekan-rekan TNI, pemerintah daerah, serta seluruh komponen bangsa lainnya guna memelihara stabilitas kamtibmas yang kondusif.

“Terakhir kepada para bintara baru yang selama pendidikan telah di didik, dilatih, dan ditempa dengan berbagai teori dan praktik agar mampu menjadi sosok polri profesional, bermoral, serta memiliki mental dan integritas yang baik. Serta Saya berharap atas penekanan amanah yang saya sampaikan saudara-saudara bisa mengingat, menjunjung tinggi, dan laksanakan sepenuh hati dengan penuh kebanggaan serta kehormatan dan niatkan selalu berbuat yang baik mulai saat ini, dikarenakan tugas polri semakin kedepan akan semakin berat dan kompleks”. Tutup Irwasda Polda Kepri Kombes Pol. Romin Thaib, S.I.K., M.Si.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pelepasan tanda siswa, penyematan tanda pangkat dan pemberian ijazah serta penghargaan oleh Inspektur Upacara Irwasda Polda Kepri Kombes Pol. Romin Thaib, S.I.K., M.Si., kepada Bintara baru berprestasi yang diraih oleh Bripda Rifky Rahmad Illahi sebagai predikat terbaik Adi Cendikia dengan nilai 83,06 asal pengiriman Kota Batam, Bripda Dhimas Herlangga Saputra sebagai predikat terbaik Adi Tabah dengan nilai 74,77 asal pengiriman Kota Batam, dan Bripda Rahul Malau sebagai predikat terbaik Adi Trengginas dengan nilai 84,15 dan predikat terbaik Adi Teladan dengan nilai 79,94 asal pengiriman Kota Batam.

Kegiatan Upacara Penutupan Pendidikan Pembentukan (Diktuk) Bintara Polri Gelombang I T.A 2023 ditutup dengan Acara tambahan dan penampilan defile, Peragaan kolonel senapan, bongkar pasang senjata dan tari kolosal, lalu diakhiri dengan yel-yel dari bintara remaja gel 1 T.A 2023.

Sumber: Humas Polda Kepri.

Redaksi

Related Articles

Back to top button