Nasional

Tol Trans Sumatera Diresmikan Oleh Presiden

FAKTAAKTUAL.COM, LAMPUNG – Tidak kenal lelah melakukan pekerjaan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi telah membuka Tol Trans-Sumatera Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar Segmen Pelabuhan Bakauheni-Simpang Susun Bakauheni dan Segmen Simpang Susun Lematang-Simpang Susun Kotabaru.

“Dengan ucapan Bismillahirrahmanirrahim, saya resmikan Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar Segmen Pelabuhan Bakauheni-Simpang Susun Bakauheni dan Segmen Simpang Susun Lematang-Simpang Susun Kotabaru,” kata Jokowi dalam acara peresmian di Bakauheni, Lampung, Minggu (21/1/2018).

“Yang paling penting jalan tol. Ini merupakan salah satu proyek strategis nasional bagian dari jalan tol Trans Sumatera,” tutur Jokowi.

Jokowi juga menyebut, jadwalnya hingga Februari padat, sehingga, hari ini adalah waktu yang tepat untuk meresmikan tol tersebut.

Photo, Presiden dalam peresmian jalan tol Trans Sumatera Minggu 21/1/2018.
Photo, Presiden dalam peresmian jalan tol Trans Sumatera Minggu 21/1/2018.

“Ini minggu yg seharusnya bapak ibu istirahat di rumah termasuk saya, harusnya. tapi karena memang waktunya kita hitung sampe Februari padat dan adanya hanya hari ini sehingga saya ke sini kita ingin buka jalan tol ini.” imbuhnya.

Sejumlah menteri tampak mendampingi presiden, antaranya Menteri BUMN, Rini Soemarno dan Menteri PUPR, Basuki Hadimuldjono. Selain itu juga Direktur Utama Hutama Karya, I Gusti Ngurah Putra dan Direktur Utama PTPP, Tumiyana.

Tol yang diresmikan presiden sendiri merupakan salah satu seksi dari Paket 1 Bakauheni – Sidomulyo, yaitu Segmen Pelabuhan Bakauheni-Simpang Susun Bakauheni sepanjang 8,9 km.

Siang nanti, Jokowi juga dijadwalkan untuk meninjau Tol Trans-Sumatera Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar Segmen Simpang Susun Lematang-Simpang Susun
Kotabaru.

Itu merupakan salah satu seksi dari Paket 2 Sidomulyo-Kotabaru, yakni seksi 5 Segmen Simpang Susun Lematang-Simpang Susun Kotabaru sepanjang 5,64 km.

Tol Bakauheni-Terbanggi Besar terbagi 4, yakni sebagai berikut:

Paket I (Bakauheni-Sidomulyo) yang terdiri dari Seksi 1-3 dengan panjang 39,40 km

Paket 2 (Sidomulyo-Kotabaru) yang terdiri dari Seksi 4-5 dengan panjang 40,6 km

Paket 3 (Kotabaru-Metro) yang terdiri dari Seksi 6-7 dengan panjang 29 km

Paket 4 (Metro-Terbanggi Besar) yang terdiri dari Seksi 8-9 dengan panjang 31,93 km

Tol Trans-Sumatera Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar secara keseluruhan ditargetkan beroperasi pada Juli 2018. Total panjangnya mencapai 140,9 Km. Proyek ini menelan biaya investasi sebesar Rp 16,8 triliun dan
Saat ini progres pengerjaan tanah mencapai 95%, sementara progres fisik menyentuh angka 65,65%.

Masyarakat banyak mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowidodo, dimana didasari hati yang bersih melakukan segala tugas dan tanggung jawabnya sebagai kepala Negara. Baru kali ini Presiden didunia ini yang komit dan konsisten dalam membangun bangsanya. (sumber : detikfinance.com).

Redaksi.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker