News

IKMAL Buka Sekretariat Dikecamatan Nongsa, Suryo-Lukita Tamu Kehormatan

FAKTAAKTUAL.COM, BATAM – Dalam acara peresmian Sekretariat Ikatan Keluarga Maluku (IKMAL) Sektor Kecamatan Nongsa yang diselenggarakan pada hari Minggu 8/11/2020 di Kecamatan Nongsa, tepatnya di Kompleks Ruko Top One Punggur Kabil Batam, sungguh sangat meriah. Tokoh-tokoh Masyarakat Ambon sekota Batam turut hadir pada acara tersebut.

Persemian yang dimulai sejak siang hari, namun ditengah acara Suryo Respaiono bersama Dr. Ir. Lukita Dinarsyah Tuwo hadir didalam acara. Penyambutan terhadap tamu kehormatan Ikmal ini pun disambut dengan tarian khas Maluku dengan pukulan gendang yang cukup khas, tarian yang mengibaratkan kegagahan Masyarakat Maluku dengan simbol tombak dan parang maupun topeng ditangan kiri merupakan sambutan dan pengawalan terhadap tamu kehormatan yang dilestarikan oleh Masyarakat Maluku hingga saat ini.

Kemudian tamu kehormatan, Suryo Respationo bersama Lukita diiring ketempat yang sudah disediakan untuk dipersilahkan duduk. Luar Biasa budaya masyarakat Maluku yang ternyata menghipnotis para tamu yang hadir saat itu.

Setelah tata demi tata acara dilaksanakan, hingga penyerahan buku terhadap tamu Kehormatan yang berisi prinsip-prinsip tertentu dari masyarakat Maluku kepada tamu Kehormatan, diterima oleh kedua tamu kehormatan tersebut dengan senang hati.

Tidak beselang lama, Dr.Ir. Lukita Dinarsyah Tuwo dipersilahkan memberi kata sambutan, dalam pidatonya, Lukita mengatkatan, Budaya setiap suku di kota Batam sudah seharusnya dilestarikan sebagai ajang pariwisata dimata Asia.

“Saya merasa bangga dengan Masyarakat Maluku dengan adat budaya yang tinggi yang patut dilestarikan, sudah sewajarnya setiap budaya dari semua suku yang ada dikota Batam dilestarikan sebagai ajang pariwisata Dunia dikota Batam, Kita bernaung didalam Bhinneka Tunggal Ika dengan keberagaman tersebut kita semakin semangat dan bangga sebagai warga Negara Indonsesia, Selamat atas peresmian sekretariat Ikmal ini, semoga kita tetap menjalin silaturahmi yang baik demi kemajuan Kota Batam”. Ucap Lukita dalam sambutannya, Minggu 8/11/2020.

Sama hal yang dikatakan oleh Suryo Respationo yang ternyata sudah sejak lama sebagai penasehat eksternal di tengah masyarakat maluku.

“Bahagia besama masyarakat Maluku, rasa kebersamaan dan kebhinnekaan tetap dipelihara, sehingga kelestarian budaya maupun keakrapan sesama tetap dapat terjaga. Selamat atas terbentuknya sekretariat Ikmal didaerah Kecamatan Nongsa ini”. Ucap Suryo.

Setelah selesai kata sambutan tersebut, semua pengurus Ikmal bersama tamu kehormatan memotong nasi kuning dengan berbagai sayuran sebagai simbol kemakmuran dan kesejahteraan, kemudian bersama-sama membuka pintu depan sekretariat sebagai pengesahan aktifnya kantor sekretariat Ikmal dikecamatan Nongsa.

Redaksi.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker