News

Korban Meninggal Akibat Longsoran Sampah Di TPA Ketika Saat Mandi Disumur

FAKTAAKTUAL.COM, BATAM – Sejak pagi tadi Jumat 10/11, Hujan lebat sampai gerimis mengguyur daerah Kabil Punggur Batam.

Lokasi Tempat pembuangan Sampah Akhir (TPA) kota Batam diketahui berada didaerah Kabil-Punggur, Dimana tumpukan sampah yang sudah menggunung sangat rawan longsor.

Sekitar pukul 16.30 wib, sore ini longsor pun terjadi. Longsoran tumpukan sampah yang menggunung mendorong tumpukan sampah dibawahnya sehingga sampah yang sudah membusuk seperti tanah ikut bergeser,  tanpak tanah tersebut seperti berjalan sepanjang kurang lebih 50 meter kearea Ipal TPA jauh dibawah tumpukan sampah.

korban longsor dilokasi TPA telaga Punggur
korban longsor dilokasi TPA telaga Punggur

Informasi yang dihimpun dilokasi terjadinya longsor, Ibu Rohaya Almarhumah beserta dua orang anaknya sedang bepergian mau mandi dilokasi sumur yang kebetulan dibawah tumpukan sampah, yang masih berjarak kira-kira 20 meter dari timbunan sampah bawah yang sudah membusuk.

Disaat ibu Rohaya Almarhumah mandi tiba-tiba longsor dengan pergeseran tanah pun terjadi sehingga menimpa ibu Rohaya Almarhumah bersama kedua anaknya.

Ibu Rohaya Almarhumah yang sedang mandi mungkin tidak banyak bergerak sehingga tertimpa tanah dan sampah tanpa bisa menyelamatkan diri, sementara kedua anaknya sempat juga tertimpa longsoran tanah sampah tersebut namun masih bisa diselamatkan.

Pemulung yang sedang mengais rezeki diatas tumpukan sampah, berlarian menyelamatkan diri melihat pergerakan tumpukan sampah seperti berjalan, sambil membawa peralatan masing-masing.

Almarhumah dilarikan kerumah sakit Bhayangkara Polda Kepri untuk dilakukan pemeriksaan oleh Polisi, Sementara kedua anaknya sudah diamankan oleh masyarakat setempat karena hanya mengalami luka ringan.

Gabe pemulung dilokasi TPA mengatakan, kejadian tersebut akibat derasnya hujan akhir-akhir ini dilokasi TPA, sehingga air bisa tersimpan dicela-cela sampah yang menumpuk dan merembes jauh kebawah tanah.

“Pergerakan atau longsor ini terjadi karena guyuran hujan yang mendominasi daerah Punggur akhir-akhir ini, Air yang masuk dicela-cela tumpukan sampah hingga merembes mencari posisi terendah sehingga terjadi penumpukan air dibawah sampah dan mengakibatkan pergeseran sampah dan tanah sehingga longsor yang mengakibatkan pergeseran tanah yang labil akibat tumpukan sampah yang sudah puluhan tahun. murni kejadian alam tidak ada human error”. ucapnya.(gp).

Editor : Gamal. P

 

Related Articles

Back to top button