News

Bakal Pemangku Eselon II Dilingkungan Pemko Batam, Lelang Jabatan atau Mutasi Jabatan?

 FAKTAAKTUAL.COM, BATAM РPemerintah Kota Batam segera melaksanakan lelang jabatan (open bidding) Eselon II setelah usulan disetujui Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Adapun jabatan Eselon II yang akan dilelang yakni, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Kepala Dinas Pendidikan, Asisten Ekonomi dan Pembangunan dan Asisten Pemerintahan.

“Saya perintahkan BKPSDM untuk disiapkan hal itu,” ujar Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad kepada media baru-baru ini.

Akan tetapi beredar issue dibeberapa media cetak Batam, bahwa yang bakal menduduki/mengisi jabatan tersebut juga seputar Kepala-kepala Dinas itu sendiri. (terbitan Kamis 8/2/2018).

Itu namanya Mutasi, bukan lelang jabatan. Seharusnya Wali Kota Batam dalam memilih Pegawai yang memenuhi kriteria dilingkungannya untuk menduduki jabatan setingkat Kepala Dinas harus lebih selektif dan propesional, dan belajar dari pengalaman yang lalu-lalu. Karena Kepala Dinas yang bakal terpilih nanti, akan menjadi loyalitas total kepada wali Kota untuk menjalankan roda kepemerintahan Kota Batam”, Begitu celotehan seorang pensiunan PNS yang enggan disebut namanya. Kamis 8/2/2018.

Photo, Gedung Wali Kota Batam.
Photo, Gedung Wali Kota Batam.

Tambahnya lagi, “Saya berpendapat bahwa Kota Batam ini membutuhkan tenaga baru dan berpengalaman dibidangnya masing-masing, sehingga perekonomian Batam bisa bangkit, Wali Kota dalam hal ini membutuhkan ide-ide baru dari para Kadisnya, sehingga perlu mengedepankan keberpihakan kepada tenaga “Baru” untuk membantunya, termasuk dalam penyerapan APBD harus transparan dan jangan tergiur korupsi tentunya”.

Dicontohkan seperti di-Dinas Lingkungan Hidup, dimana Bapedal dan Dinas Kebersihan/ Pertamanan, disatukan menjadi Dinas Lingkungan Hidup saat ini. “Didinas ini butuh yang berpengalaman dalam mengenal limbah, sampah, hilir dan hulu, maupun retribusi, transportasi serta tenaga honorer, sehingga wajib tenaga baru untuk lebih gesit bekerja, karena didinas ini membutuhkan orang yang smart dan tajam pemikiran serta mau bekerja keras untuk kebersihan Kota Batam demi Pariwisata. Ada juga pegawai pecahan dari Bapedal dulunya yang saya kira memenuhi syarat untuk Dinas ini”, paparnya.

Memang, sejauh ini belum diketahui siapa-siapa calon pemangku jabatan tersebut, tetapi masyarakat berharap supaya pemangku jabatan Kepala Dinas nantinya, bisa diandalkan dibidang masing-masing demi Kemajuan Kota Batam kedepannya. (gp).

Editor : Gamal.P.

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker