Nasional

Kunjungan Presiden ADB Pertama Ke Indonesia Disambut Menkeu

FAKTAAKTUAL.COM, JAKARTA – “Saya memberikan apresiasi kepada Mr. Masatsugu Asakawa yang telah menjadikan Indonesia sebagai negara pertama dalam kunjungan resminya sebagai Presiden Asian Developmemt Bank (ADB) yang baru. Hal ini saya sampaikan saat bertemu dengan Presiden ADB hari ini 3 Maret 2020 di Kementerian Keuangan, Jakarta”. Ucap Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan RI.

Kunjungan Presiden ADB ke Indonesia diharapkan menjadi pengalaman kerja sama yang baik dan dapat menjadi contoh perbaikan dalam impelementasi kebijakan di negara-negara lain.

Mr. Masatsugu Asakawa menyampaikan bahwa ADB tengah menyiapkan Country Partnership Strategy (CPS) dengan Indonesia yang fokus pada 3 hal utama yaitu Pembangunan SDM, Infrastruktur, dan Perubahan Iklim. Selain itu, juga disampaikan bahwa ADB tengah menyusun rencana kerja sama dengan swasta dalam peningkatan infrastruktur yang berfokus pada sektor perumahan dan dan pertanian.

Menkeu menyampaikan bahwa CPS harus disertai dengan penempatan SDM di negara recipient, sehingga ada pembelajaran dan pengalaman bagi SDM-SDM ADB sekaligus impelementasi kebijakan yang lebih lancar di negara penerima donor. Untuk rencana dan fokus CPS di Indonesia dapat juga disampaikan kepada Presiden RI. Sementara kerja sama ADB dengan sektor swasta dapat dilakukan juga di beberapa sektor lainnya seperti perumahan layak (termasuk sanitasi, pembangunan area kumuh, serta waste management) dan energi terbarukan.

Kemitraan Indonesia – ADB yang telah berlangsung selama 50 tahun telah banyak membuahkan hasil, mulai dari dukungan untuk membawa Indonesia lepas dari krisis finansial, penanggulangan bencana hingga pembangunan infrastruktur.

Kemitraan yang baik ini diharapkan dapat berlanjut di masa yang akan datang dan menjadi solusi bagi tantangan perbaikan produktivitas dan kualitas SDM Indonesia. Sumber: Menkeu.

Redaksi.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker